CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 17-01-2022 17:25:32 tanda-tangan-elektronik-tersertifikasi-kominfo

Dilihat : kali

Pengganti tanda tangan basah itu bukan tanda tangan elektronik , secara tidak sadar kita telah menggunakan tanda tangan elektronik hanya saja tanda tangan elektronik yang seperti apa yang sah menurut hukum di Indonesia sehingga kita tidak perlu ragu menggunakannya.

Beberapa tanda tangan elektronik

  1. Digital Biometrik

Pindai sidik jari atau retina mata menjadi salah satu jenis tanda tangan elektronik, bagaimana scan sidik jari jadi salah satu pengganti tanda tangan untuk kehadiran atau absensi, jika kita lebih jauh lagi bagaimana cap jempol dijadikan pengganti goresan tanda tangan dalam menulis dan ini sah.

  1. PIN

Personal Identifikasi Number menjadi salah satu tanda tangan elektronik, untuk bisa masuk, login, akses atau lainnya. PIN menjadi pintu masuk diaplikasikan dalam banyak hal dalam dunia perbankkan, PIN digunakan saat inging menggunakan ATM atau Mobile Bankking.

  1. Tanda tangan yang didapatkan dari alat elektronik

Goresan tanda tangan bukan hanya bisa didapatkan secara basah tapi juga bisa didapatkan secara digital dengan alat elektronik, dengan menggoreskan diatas layar atau sejenisnya sudah mendapatkan bentuk tanda tangan yang sesuai hal ini untuk mengurangi penggunaan kertas.

Itu adalah tanda tangan elektronik yang secara kita tidak sengaja kita gunakan, jadi bukan hal baru dalam penggunaan tanda tangan elektronik sehari-hari, nah tanda tangan elektronik yang mana yang diakui dan sah secara hukum di Indonesia.

tanda-tangan-elektronik

Tanda Tangan Elektronik yang sah dan mempunyai kekuatan hukum sah secara hukum Indonesia ialah tanda tangan elektronik yang tersertifikasi dengan dasar hukum.

  • UU Nomor 11 Tahun 2008 Pasal 11 ayat 1 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)
  • Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik
  • Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 Tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik

Apakah anda sudah siap untuk berpindah dari tanda tangan basah menjadi tanda tangan elektronik untuk kegiatan bisnis agar lebih efektif dan efisien.

Cetak Label Stiker Berhologram di Indonesia

Posting by Admin

Cetak Label Stiker Berhologram di Indonesia

Ingin Cetak Label Stiker Berhologram Murah dan Berkulitas    Label merupakan penjelasan akan nama, identitas ataupun informasi pendukung lainnya, pada suatu barang/produk dengan beragam bentuk bisa gambar maupun teks.   Mengenal label bisa terbagi dua Label Non Adhesive Yaitu Jenis label yang tidak menggunakan perekat dan diapliaksikan dengan menggunak



305 Kali